oleh

Dewan Ungkap 2 Skema untuk Tingkatkan Gairah Bertani Pada Anak Muda

Pati, Mitrapost.com – Keinginan bertani anak muda saat ini sangatlah minim. Hal ini pun disayangkan oleh anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso.

Dengan menurunnya gairah bertani pada anak muda, maka akan berdampak pada turunnya jumlah petani muda di wilayah Kabupaten Pati.

Padahal pertanian adalah salah satu sektor yang dianggap paling mampu menyejahterakan masyarakat, mengingat meningkatnya pertumbuhan yang berimbas juga pada meningkatnya kebutuhan pangan.

Dengan adanya fenomena ini, maka Narso mengajak pemuda di wilayah Kabupaten Pati untuk lebih meningkatkan minat bertani.

Ia juga memaparkan dua skema yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kembali gairah anak muda dalam bidang pertanian.

Baca Juga :   Standar Pelayanan SKCK di Kabupaten Pati Tahun 2022 Akan Gunakan One Gate System

Skema pertama, ditempuh dengan cara mengenalkan dunia pertanian kepada anak usia dini.

“Ada beberapa langkah untuk mengajak para generasi muda menjadi petani. Pertama ada pendidikan bertani sedini mungkin,” kata Narso.

Selain itu, generasi tua juga harus mampu untuk memberikan motivasi dan juga pengetahuan seputar bidang pertanian.

Kemudian untuk skema kedua adalah pemerintah kabupaten, dalam hal ini Dinas Pertanian harus melakukan pengadaan teknologi baru di bidang pertanian. Modernisasi Alsintan (alat mesin pertanian) ini dianggap Narso mampu merangsang minat bertani kaum milenial.

“Yang kedua pengadaan teknologi terbaru. Ini sebetulnya mendukung generasi milenial. Artinya mereka suka teknologi baru, di sisi lain, yang mudah memahami teknologi ya generasi milenial,” pungkasnya. (Adv)

Baca Juga :   Geng Motor di Pati Sudah 6 Kali Beraksi, Berhasil Diringkus Polres Pati

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral