oleh

Dewan Dorong Pemkab Lebih Perhatikan Sektor Peternakan

Pati, Mitrapost.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati untuk lebih memperhatikan sektor peternakan.

Hal tersebut disampaikan oleh anggota komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso.

Ia menilai bahwa peternakan menjadi salah satu potensi besar untuk membangkitkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Sehingga sektor tersebut dapat menjadi peluang demi mengoptimalkan sumber daya setempat.

“Peternakan bisa menjadi peluang untuk kemajuan ekonomi masyarakat lokal. Apalagi, di wilayah kita cukup mendukung potensi ternak, seperti bebek dan sapi,” ungkap Narso.

Jika sektor tersebut mendapatkan perhatian yang serius, berupa manajemen pelatihan yang bergunam maka manajemen pengelolaan kelompok akan semakin baik dan modern.

Baca Juga :   Berawal dari Pesanan Kap Lampu, Warga Pati Ini Jadi Juragan Batik

“Akan lebih bagus kalau peternakan dikelola secara modern, dengan manajemen yang tertata sistematis,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan perlu adanya koordinasi antara Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati bersama Balai Penyuluh Pertanian (BPP) dan para kelompok tani yang tersebar di berbagai daerah.

Masih dari keterangannya, dengan manajemen pengelolaan yang baik, maka akan memberikan dampak positif untuk keseimbangan lingkungan.

“Jika manajemen pengelolaan peternakan dapat direalisasikan, maka berdampak positif bagi keseimbangan lingkungan. Di wilayah kita banyak tanaman pakan ternak. Selain itu, kotoran ternak juga dapat kita olah menjadi pupuk untuk membantu kesuburan tanaman pertanian dan perkebunan,” pungkasnya. (*)