oleh

KPU Tetapkan Jumlah Kursi DPRD Pati untuk Pileg 2024

Pati, Mitrapost.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menggelar rapat koordinasi penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi DPRD, di Hotel New Merdeka, Rabu (23/11/2022).

Yang mana, kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati telah ditetapkan sebanyak 50 kursi. Dalam artian, kursi DPRD untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024 mendatang tidak berubah.

Menanggapi hal itu, Bambang Susilo selalu ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pati memaparkan bahwa penetapan kursi itu menjadi ranah serta kewenangan dari KPU pusat.

Lantas Bambang berharap, apapun penetapan yang dikeluarkan oleh KPU pusat, semoga hal itu menjadi yang terbaik.

“Kita berharap yang terbaik lah, monggo nanti dirembuk, penentunya itu di pusat, KPU pusat dan komisi II,” ucap Bambang Susilo.

Baca Juga :   DPRD Pati Ungkap Penyebab Penurunan Pendapatan UMKM

Walaupun jumlah kursi telah ditetapkan, akan tetapi untuk tahapan lokasi selanjutnya akan diserahkan kembali kepada masing-masing pimpinan partai politik yang ada.

“Kalau jumlah kursinya tetap 50 seperti yang diucapkan Kepala KPU tadi, tapi untuk tahap lokasi ya kami tidak ikut-ikut biar teman-teman kepala partai yang menentukan,” Jelasnya.

Kemudian di sisi lain, ketua KPU Pati Imbang Setiawan mengatakan bahwa rapat ini sudah sesuai dengan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) yang sudah sampai pada tahapan verifikasi administrasi. Bersama dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), nantinya akan ditetapkan Dapil dan jumlah alokasi kursi di DPRD.

“KPU diamanatkan untuk menyusun daerah pemilihan untuk DPRD Kabupaten/Kota, karena untuk Kabupaten/Kota lain sudah ditetapkan,” jelasnya.

Baca Juga :   Jalur Penghubung Pati-Grobogan Diperlebar, Pengguna Jalan Diimbau Bersabar

Sebelumnya, lanjut Imbang bahwa penetapan jumlah kursi dan Dapil untuk Kabupaten Pati dalam DPRD RI dan DPRD provinsi Jawa tengah sudah ditetapkan. Untuk DPR RI, Pati masuk Jawa Tengah III bersama Rembang, Blora, dan Grobogan. Sedangkan untuk DPRD Provinsi berada di wilayah Jateng VI bersama Kabupaten Rembang. (Adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral