HIV AIDS Semakin Marak di Pati, Dinkes: Tes VCT Akan Kami Gencarkan

Pati, Mitrapost.com – Tercatat hingga akhir tahun 2022 ini, virus HIV AIDS sudah menjangkit 2.288 warga masyarakat Kabupaten Pati yang menyebar di 21 Kecamatan.

Aviani Tritanti Venusia, selalu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pati, berusaha terus menekan angka penderita HIV AIDS dengan melakukan pendataan melalui testing VCT (voluntary counseling and testing).

Ia menjelaskan, tes VCT ini merupakan serangkaian tes dan konseling yang dilakukan pihak berwenang untuk mengetahui apakah seseorang positif atau negatif mengidap HIV.

Selain itu, pemerintah daerah memberikan kemudahan dengan mendekatkan pelayanan kesehatan di puskesmas masing-masing kecamatan. Termasuk mendatangi tempat rawan yang menjadi pemicu penyebaran virus HIV.

“Pelaksanaan tes VCT bisa di puskesmas ada, rumah sakit yang menyediakan layanan VCT dan tempat-tempat lain kita datangi seperti karaoke,” kata Aviani di kantornya, Kamis (29/12/2022).

Baca Juga :   News Grafis : Bupati Pati Resmikan Monumen Pertempuran Pucakwangi

Kendati demikian, Dinkes tetap meminta bagi pekerja seks agar lebih berhati-hati. Pekerja seks diminta dalam aktivitasnya secara aman yaitu memakai kondom. Tujuannya agar tidak menularkan ke yang lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati