Jajanan Nitrogen Menarik, Tapi Mengandung Bahaya

Mitrapost.com – Jajanan nitrogen memang menarik dan membuat orang yang melihat ingin membelinya. Namun dibalik itu, ada sisi bahaya yang mengancam bagi orang yang mengonsumsinya.

Baru-baru ini sejumlah anak di Tasikmalaya dan Bekasi, Jawa Barat, diketahui mengalami keracunan nitrogen cair dari jajanan tersebut. Ada 24 anak di Tasikmalaya dan 4 di Bekasi yang mengalami gejala keracunan.

Beberapa anak dari 24 di Tasikmalaya dilaporkan meminum cairan sisa nitrogen yang tidak menguap. Begitu pula dengan satu anak di Bekasi yang bergejala parah.

“(Korban) yang berusia 4 tahun ini meminum sisa nitrogen cairnya,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Jabar dr Ryan Bayusantika Ristandi, SpPK, MMRS dilansir dari Detik.

Lebih lanjut, ia menjelaskan gejala yang dialami orang yang mengalami keracunan nitrogen diantaranya sakit perut, mual, dan muntah darah. Jika parah maka karena ususnya bolong, maka harus dioperasi.

Nitrogen cair sendiri dimanfaatkan di dunia medis karena memiliki efek cryogenic yang berfungsi untuk membekukan sel-sel tubuh, seperti sel-sel pra kanker.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati