Musim Gelombang Tinggi, Anggota DPRD Minta Pemkab Gencarkan Tanam Mangrove

Pati, Mitrapost.com – Anggota DPRD Pati dari Fraksi Golkar, M Nur Sukarno menyarankan Pemerintah Kabupaten Pati mengurangi tingkat abrasi pantai, utamanya di Pati Utara khususnya di Kecamatan Dukuhseti, Tayu, dan Margoyoso. Hal ini seiring terjadinya gelombang laut tinggi di Pantai Utara Jawa.

Pria yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua kelompok kerja mangrove daerah (KKMD) itu mengungkapkan dua cara mencegah abrasi di pesisir.

Adapun cara pertama yaitu dengan konstruksi fisik membangun bronjong batu di pesisir pantai. Atau cara yang kedua dengan penanaman mangrove.

Lebih lanjut, Sukarno memberikan saran kepada Pemkab Pati agar menggencarkan penanaman mangrove dengan sistem buis beton dibandingkan bronjong.

“(Bronjong) 20 kali lipat mahalnya (dari buis beton), dan hempasan gelombang (bronjong) energinya pindah ke kanan atau kiri dari Bronjong tersebut,” ujar M Nur Sukarno.

Baca Juga :   Pasca Kebakaran, Bupati Pati Beserta Jajarannya Tinjau PT Dua Kelinci

(Mangrove) bisa ditanam dengan buis beton dulu, baru di atas buis beton ditanami atau bibit mangrove ditanam dalam bambu yang besar. Baru ditanam di pantai yang bersubstrat pasir,” imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati