Jokowi Berencana Hentikan Ekspor Tembaga Mentah Tahun Ini

Mitrapost.com – Presiden Joko Widodo sebelumnya telah mengumumkan menghentikan ekspor barang mentah dalam bentuk nikel dan bauksit. Terbaru, ia juga mengumumkan rencananya untuk segera menghentikan ekspor tembaga mentah.

“Jangan sampai ini nikel sudah setop, saya sudah sampaikan lagi bauksit di Desember kemarin bauksit setop Juni, nanti sebentar mau saya umumkan lagi tembaga setop tahun ini,” ujar Jokowi dalam acara Mandiri Investment Forum Rabu, (1/2/2023) dilansir dari Kompas.

Keputusan itu diambil lantaran Indonesia dinilai telah mampu melakukan hilirisasi industri tembaga, mengingat pembangunan smelter akan segera selesai.

“Saya cek kemarin smelternya Freeport dan smelter yang ada di NTB sudah lebih dari 50 persen jadi, Freeport sudah 51 persen, jadi berani kita setop,” ujar dia.

Baca Juga :   Jokowi Apresiasi Fenomena Citayam Fashion Week

Jokowi mengatakan bahwa kunci kemajuan Indonesia adalah dengan melakukan hilirisasi industri. Ia pun mencontohkan, bahwa hilirisasi nikel di dalam negeri sudah terbukti membawa dampak pada nilai tambah yang diperoleh Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati