Pentingnya Edukasi Anak untuk Cegah Kekerasan Seksual

Mitrapost.com – Maraknya kasus kekerasan seksual, menjadi perhatian tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Hal ini seolah menjadi rambu-rambu bagi orang tua agar memahami bahwa edukasi anak penting dilakukan agar kekerasan seksual bisa dicegah.

Spesialis anak Eva Devita pun menjelaskan bahwa edukasi seksual bisa dimulai orang tua dengan menjelaskan bagaimana sang anak menjaga bagian tubuhnya.

“Atau orang tua diedukasi untuk memberikan pendidikan seksual anak, yakni agar anak mengenal anggota privasi tubuhnya,” kata Ketua Satgas Perlindungan Anak Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) itu.

Orang tua juga perlu menjelaskan bagian tubuh mana yang boleh dilihat dan tidak boleh dilihat oleh orang lain. Termasuk apa yang boleh dipegang orang lain dan mana yang tidak boleh.

Baca Juga :   Pihak Brigadir J Heran Komnas HAM Duga Kekerasan Seksual Dilakukan kepada Istri Sambo

Anak juga harus diberi tahu apa tindakan yang harus dilakukan jika ada orang yang memegang area yang tidak boleh dipegang itu.

Eva, pun menjelaskan jika ada yang memegang area terlarang, memotret, menyuruh melepaskan pakaian, anak harus diedukasi untuk lari berteriak dan melapor pada orang dewasa terdekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati