Demokrat Bahas Pemilu Coblos Partai, PKB Sebut Isu

Mitrapost.com – Benny K Harman, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Demokrat berbicara terkait dengan system pemilu yang akan menerapkan pencoblosan pada partai politik.

Hal ini pun ditepis oleh Daniel Johan selaku Ketua DPP PKB. Yang mana Pemilu akan menerapkan system Proporsional Terbuka.

“Sejauh ini DPR dan pemerintah sudah sepakat untuk tetap terbuka ya,” kata Daniel Johan, dikutip dari Detik News, pada Selasa (14/2/2023).

Bahkan Daniel juga menyebut Mahkamah Konstitusi akan menolak usulan proporsional tertutup.

“PKB tetap menolak sistem proporsional tertutup bersama 8 partai lainnya, saya rasa MK akan teguh menjaga marwah, independensi dan profesionalismenya dengan menolak usulan terbuka yang ada karena tidak memilikinya legal standing,” ucapnya.

Baca Juga :   Caleg 2024 Boleh Nyalon dengan Modal Ijazah Paket C

Labih lanjut, Daniel berharap system proporsional terbuka ini tidak berubah di tengah isu Pemilu yang bergejolak.

“Harapannya pemilu tetap dengan sistem proporsional terbuka agar proses dan tahapan pemilu yang sudah ditetapkan bisa berjalan dengan baik dan tepat waktu, serta tidak menimbulkan kericuhan di tingkat rakyat bawah,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati