Varietas Buah Alpukat Lokal Jadi Juara di Festival Buah Nusantara Batang

Batang, Mitrapost.com – Variestas buah alpukat lokal menjadi juara di Festival Buah Nusantara Batang yang digelar pada hari ini, Kamis (23/2/2023).

Adapun varietas buah alpukat lokal yang menjadi pemenang berasal dari Dukuh Tegalsari Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang.

Buah alpukat dengan nama “AWE” yang kepanjangan mempunyai arti Alpukat Wonotunggal Enak mendapatkan nilai yang paling tinggi.

Eko Arif Wijayanto sebagai petani dari Alpukat AWE ini menyatakan bahwa alpukat ini hanya memiliki satu pohon induk yang berada di Kecamatan Wonotunggal yang berumur 6 tahun.

“Alpukat ini mempunyai kandungan manisnya mencapai 15,9 sampai 17 persen setelah dilakukan tes pendeteksi rasa oleh dewan juri. Jadi kurang lebih kandungan manisnya seperti buah melon,” katanya saat ditemui di halaman Pendopo, Kabupaten Batang, Kamis (23/2/2023).

Baca Juga :   Sejumlah Sekolah di Jateng Mulai Gelar PTM 100 Persen

Buah alpukat ini memiliki rasa yang gurih dan legit dan memiliki bentuk bulat sempurna.

Ia juga mengatakan, satu pohon indukan alpukat AWE, setiap bulan bisa panen terus-menerus. Sehingga selama satu tahun produksinya sebanyak 50 kg.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati