Pengendalian Banjir dan Rob, Bendung Gerak Ditarget Rampung Tahun 2023

Mitrapost.com – Sebagai upaya pengendalian banjir dan rob, Pemerintah Kota Pekalongan menargetkan Bendung Gerak bisa rampung pada tahun 2023 ini.

Hal tersebut disampaikan oleh kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan, Bambang Sugiarto.

Dalam pengerjaan proyek ini, pihaknya berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

“Kebetulan di muara itu ada pendangkalan sehingga kapal kesulitan untuk keluar, namun sudah kita koordinasikan dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk membantu lapangan agar bisa segera merealisasikan pemindahan kapal dari bendung,” tuturnya.

Nantinya, pada bendung gerak akan ada 5 buah pintu jenis slide gate (electric) dengan dimensi 8 x 4,5 meter yang difungsikan menahan intrusi air laut atau naiknya batas antara permukaan air tanah dengan permukaan air laut ke arah daratan.

Baca Juga :   Layani Makanan Gratis di TPA Menggunakan Food Truck

Pada kondisi banjir, pintu dapat dibuka untuk mempercepat pengaliran debit banjir ke arah muara. Kemudian, Intrusi air laut harus tertangani dengan optimal, sebab jika tidak akan ada dampak yang terjadi seperti penurunan muka air bawah tanah, terjadi amblesan tanah dan terganggu keseimbangan hidrostatik (keseimbangan antara medan gravitasi dan gradien tekanan).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati