Bupati Rembang Harapkan Kebudayaan Pathol Sarang Dilestarikan Setiap Tahun

Rembang, Mitrapost.com – Bupati Rembang Abdul Hafidz mengapresiasi warga Sarang yang selama ini telah melestarikan tradisi nenek moyang yakni Pathol Sarang.

Pelestarian Pathol Sarang digelar saat ada acara tradisional seperti sedekah laut yang dimeriahkan pada bulan Maret 2023.

Bupati Hafidz mengungkapkan, selama nyantri di salah satu Pondok Pesantren Sarang, Abdul Hafidz ketika remaja selalu menyaksikan Pathol Sarang.

Dengan demikian, Bupati Rembang mengharapkan supaya kebudayaan Pathol Sarang tetap dilestarikan setiap tahunnya.

“Warga Sarang kumpul rukun, ayem tentrem, sehat kabeh. Matur nuwun sanget wong sarang peduli nguri-uri kebudayaan Pathol. Kulo jamane delok pathol teng mriki angger taun nonton pathol. Supaya Sarang tetap angger tahun ada pathol yo ngono Pak Inggi geh?,” ucap Hafidz.

Baca Juga :   Dukung Pemberdayaan Perempuan, Yayasan Ummul Khadijah Buka Ekspo Kriya

Sementara itu, Ketua Pathol Sarang, Yanto mengungkapkan, Pathol Sarang dahulunya digunakan untuk mencari prajurit pada zaman kerajaan Majapahit.

Lebih lanjut, karena Kecamatan Sarang terletak di daerah maritim, maka mayoritas peserta Pathol diikuti oleh para nelayan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati