Sesar Pati Aktif Kembali, Wilayah Paling timur Jawa Tengah Terancam Potensi Gempa

Pati, Mitrapost.com – Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati mengungkap kabar bahwa Sesar Pati (Pti Thrust) kembali aktif. Sesar ini mampu memicu terjadinya gempa bumi bagi wilayah yang dilaluinya.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Pati, Martinus Budi Prasetya menjelaskan bahwa sesar Pati aktif dipicu kejadian gempa Tuban yang terjadi pada 14 April 2023 lalu.

Sesar Pati merupakan sesar dengan kelurusan panjang yang berarah dari barat daya ke timur laut. Sesar ini diantaranya melewati wilayah Rembang, Lasem, dan lurus ke laut Jawa.

Info ini dilansir dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan terus dipantau BPBD Pati secara Berkala.

Imbuh Martinus, potensi gempa untuk wilayah Pati cukup kecil dibandingkan wilayah Rembang. Meski demikian, masyarakat masih diimbau untuk tetap waspada.

“Meskipun bernama Sesar Pati tapi dampak guncangan justru akan dirasakan di luar Kabupaten Pati. Yakni Kabupaten Rembang. Untuk dampak di Kabupaten Pati, BMKG belum merilis,” kata Martinus saat diwawancara kemarin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati