HIV/AIDS Dari Golongan Homoseksual di Pati Tembus 600 Kasus

Pati, Mitrapost.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Pati melansir statistika penularan HIV/AIDS di Kabupaten Pati. Disebutkan, khusus kasus HIV/AIDS dari kaum homoseksual atau lelaki seks lelaki (LSL) menembus angka lebih dari 600 kasus.

Hal ini diungkapkan oleh Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Pati Joko Leksono. Pegiat seks sesama jenis di Pati menurutnya menjadi populasi kunci penularan HIV.

“Data statistik yang kita peroleh ada 600-an lebih kelompok lelaki seks lelaki (LSL) yang positif HIV/AIDS. Kita pantau melalui kelompok penjangkau yang ada. Ini dilakukan agar yang positif ini bisa minum obat yang telah disediakan oleh pemerintah, ini dalam rangka untuk pengendalian,” jelas dia.

Baca Juga :   Praktek Nikah Siri Masih Marak di Pati

Diakui Joko, screening HIV/AIDS untuk kaum homoseksual cukup sulit dilakukan. Pasalnya, golongan tersebut lebih tertutup dibandingkan golongan penderita HIV lainnya.

“Jadi kita tidak bisa menjangkaunya secara langsung, itu sangat tertutup. Mereka saling berhubungan. Biasanya saling berganti pasangan,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati