4 Manfaat Zikir Setelah Salat

Mitrapost.com – Dalam menjalani kehidupan, manusia mengalami berbagai kejadian, entah senang maupun susah. Kesenangan membuat kita sering melupakan Allah SWT, sementara kesedihan tak jarang membuat kita menyalahkan keadaan, padahal kita tahu bahwa setiap kesulitan datangnya dari Allah yang bertujuan untuk menguji keimanan manusia.

Oleh sebab itu, agar kita sebagai umat muslim dapat senangtiasa mengingat Allah SWT dalam segala keadaan, disarankan untuk banyak-banyak berzikir. Seperti firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 152 yang berbunyi;

Berdzikirlah (ingatlah) kamu kepada-Ku, niscaya Aku akan ingat pula padamu!”

Allah SWT juga berfirman dalam surat Ar-Rad ayat 28 yang berbunyi;

“Yaitu orang-orang yang beriman, dan hati mereka aman tentram dengan dzikir pada Allah, ingatlah dengan dzikir pada Allah itu, maka hati pun akan merasa aman dan tentram.”

Zikir memberikan ketentraman hati dan pikiran. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat lain dari zikir.

Dilancarkan rezeki

Salah satu manfaat dari memperbanyak zikir adalah memperlancar rezeki. Allah SWT akan memberikan rezeki kepada hambanya yang dikehendaki. Selain itu, kita sebagai manusia juga perlu bersyukur atas pemberian-Nya. Rezeki tidak hanya dicari, namun juga didoakan dengan cera berzikir setelah shalat wajib dan sunnah, dan berdoa.

Menjaga ketenangan hati

Dalam Al-Quran surat Ar-Rad ayat 28, disebutkan bahwa hati kita akan tentram jika banyak mengingat Allah SWT. Saat dihadapkan berbagai permasalahan dan konflik batin, disarankan untuk memperbanyak zikir untuk menjernihkan hati dan pikiran. Dengan mengingat Allah SWT, Insya Allah hati menjadi tentram.

Jauh dari godaan jin

Memperbanyak zikir dapat membantu manusia menghindar dari godaan dan gangguan jin yang selalu menjerumuskan ke dalam hal-hal yang buruk. Zikir meningkatkan keimanan kita terhadap Allah SWT. Ini membuat kita percaya bahwa Allah SWT akan senangtiasa melindungi kita dari berbagai hal buruk yang datangnya dari syaitan.

Kebahagiaan setelah mati

Amalan zikir akan memberi banyak manfaat, meski setelah kematian. Imam Ghazali menyebutkan bahwa amalan zikir tidak benar-benar lenyap walau setelah kematian. Ia hanya lenyap dari dunia dan alam syahadah, bukan dari alam malakut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati