Beras Analog dari Jagung dan Ketela Kini Tersedia di Pati

Pati, Mitrapost.com – Beras analog atau produk beras inovasi berbahan dasar ketela dan jagung kini tersedia di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Produk tersebut diproduksi oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sido Makmur, Desa Guwo, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Teguh Wikan Widodo, Konsultan Gapoktan Sido Makmur menceritakan beras analog dicetuskan sejak akhir 2022 dan mulai dipasarkan awal tahun 2023.

Gapoktan ingin membuat bahan ketela dan jagung naik kelas, berinovasi menciptakan produk sumber karbohidrat yang lebih bernilai ekonomi selain padi.

Akhirnya dipilihkan inovasi beras analog yang sebelumnya dikembangkan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) sejak tahun 2002.

“Orang sekarang kalau disuruh makan tiwul tanggapannya miskin. Ini terkait culture dulu kalau makan beras baru komplit. Saya mencoba bagaimana beras singkong dan jagung bisa menyerupai beras,” papar Teguh saat dihubungi Mitrapost.

Beras analog diproduksi mengikuti konsep Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA). Beras analog mempunyai banyak keunggulan, salah satunya adalah kandungan gizi yang lebih tinggi dari beras biasa. Beras analog diolah sedemikian rupa agar memiliki indeks glikemik rendah, berserat tinggi, dan kandungan gizi tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati