Tips Bersihkan Debu dari Laptop dan Komputer

Mitrapost.com – Debu merupakan salah satu penyebab keyboard dan layar komputer maupun laptop menjadi kotor dan tidak nyaman untuk digunakan. Cara untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan laptop dan komputer secara rutin.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membersihkan debu dari peralatan elektronik agar perangkat Anda tetap aman dan berfungsi dengan baik.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara membersihkan laptop dan komputer dengan tepat.

Gunakan larutan pembersih

Cara pertama dengan menggunakan larutan pembersih. Anda bisa membuat campuran air dengan beberapa tetes sabun cuci. Masukkan campuran air tersebut ke dalam botol semprot. Semprotkan air ke bagian-bagian berdebu, seperti layarm keyboard, dan belakang layar laptop, kemudian lap perlahan dengan kapas atau kain. Hindari menyemprotkan air di mesin CPU. Pada bagian tersebut, cukup lap saja.

Baca Juga :   Cara Login ke dalam Akun iCloud

Gunakan spons

Untuk membersihkan laptop, Anda bisa menggunakan spons. Caranya, semprotkan larutan air spons, kemudian gosokkan spons dengan lembut pada bagian luar laptop atau komputer. Hindari bagian ventilasi bagian dalam atau port, karena kelembaban dapat menyebabkan menyebabkan kerusakan komponen.

Gunakan alkohol

Debu dan kotoran yang menempel dapat dibersihkan menggunakan alkohol. Belilah produk hand sanitizer yang mengandung alkohol, kemudian semprotkan sedikit pada permukaan luar laptop atau komputer Anda. Gosok pelan dengan kapas atau lap sampai noda hilang.

Gunakan kain mikrofiber

Kain mikrofiber berguna membersihkan seluruh bagian luar laptop. Kain ini akan menghilangkan kelembaban dan kotoran yang tersisa di laptop.