BMKG Peringatkan Adanya Ancaman Gagal Panen Akibat El Nino

Mitrapost.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan adanya fenomena El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD) positif dapat menyebabkan kekeringan yang berimbas pada kemungkinan ancaman gagal panen pada lahan pertanian tadah hujan.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyebutkan bahwa kondisi tersebut dapat menyebabkan ketahanan pangan nasional menjadi terganggu.

“Pemerintah daerah perlu melakukan aksi mitigasi dan aksi kesiapsiagaan segera. Lahan pertanian berisiko mengalami puso alias gagal panen akibat kekurangan pasokan air saat fase pertumbuhan tanaman,” jelasnya dilansir dari CNBC Indonesia.

Meski demikian, El Nino dan IOD positif yang mendingin menjadi kesempatan sektor perikanan untuk bisa meningkatkan hasil tangkapan ikan. Karena dipengaruhi adanya perubahan suhu laut dan pola arus selama fenomena tersebut terjadi.

“Peluang dari kondisi ini harus dimanfaatkan karena dapat mendukung ketahanan pangan nasional,” tambah dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati