Manfaat Konsumsi Mentimun bagi Tubuh

Mitrapost.com – Mentimun merupakan bahan makanan bergizi yang kaya akan kandungan air. Banyak yang menganggap bahwa mentimun adalah bagian dari sayur-sayuran, namun sebenarnya mentimun itu buah.

Mentimun mengandung senyawa yang bersifat antioksidan, serta beberapa nutrisi lain yang baik bagi tubuh. Dilansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat mengonsumsi buah mentimun.

Menangkal radikal bebas

Mentimun mengandung senyawa yang bersifat antioksidan. Antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel, sehingga memicu penyakit kronis. Radikal bebas sendiri dikaitkan dengan penyakit kanker, penyakit jantung, paru-paru, dan autoimun.

Meningkatkan Hidrasi

Air dalam tubuh penting untuk pengaturan suhu, serta pengangkutan sisa makanan dan membantu mengalirkan nutrisi ke seluruh tubuh. Mentimun merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan air. Buah ini cocok untuk asupan diet karena tinggi air dan rendah kalori.

Menurunkan gula darah

Konsumsi mentimun dianjurkan bagi penderita diabetes. Penelitian menemukan bahwa mentimun dapat membantu mengurangi kadar gula untuk mencegah komplikasi penyakit tersebut.

Mengatasi sembelit

Mentimun dapat mendukung kelancaran buang air besar secara teratur. Sembelit sering terjadi karena dehidrasi atau kekurangan asupan air dalam tubuh. Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga mendukung hidrasi. Hidrasi yang cukup dapat melunakkan feses dan mencegah sembelit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati