Festival Kirab Giri Samudra Kenalkan Kebudayaan Pati di Hari Jadi ke-700

Pati, Mitrapost.com – Festival kirab Giri Samudra meriahkan Hari Jadi Kabupaten Pati yang ke-700. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin (7/8/2023) malam.

Ada 21 kecamatan menampilkan kesenian lokal masing-masing. Mereka start kirab di Jalan Panglima Sudirman atau lebih tepatnya depan Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0718/Pati. Kemudian peserta berjalan hingga menuju panggung utama yang berada di depan Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Pati.

Pada kesempatan ini, hadir Penjabat (Pj) Bupati Pati, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Sekretaris Daerah (Sekda), Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek.

Penampilan pertama dari peserta Kecamatan Sukolilo. Mereka menampilkan tradisi Meron sebagai identitas kebudayaan mereka ketika memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Peserta menyunggi gunungan berisikan hasil bumi serta mengenakan pakaian adat klasik.

Baca Juga :   197 Narapidana Lapas Pati Dapat Remisi Hari Kemerdekaan

Selanjutnya, datang dari Kecamatan Gabus. Mereka membawakan replika serat randu alias kapuk sebagai simbol potensi ekonomi warga sana. Mengingat, warga Gabus banyak yang menggeluti usaha pembuatan kasur dan bantal dari bahan kapuk. Tak hanya itu, peserta juga menampilkan tarian yang menceritakan tentang potensi industri kapuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati