Rangkaian Acara Mitoni dalam Adat Jawa

Mitrapost.com – Mitoni merupakan prosesi adat jawa yang dilakukan oleh wanita saat memasuki masa 7 bulan kehamilan. Upacara ini merupakan salah satu adat kejawen yang memiliki filosofi dari kata pitulungan, berarti pertolongan.

Artinya, mitoni adalah serangkaian prosesi untuk meminta pertolongan agar ibu yang sedang mengandung senantiasa dilindungi oleh Yang Maha Kuasa. Doa dipanjatkan agar nantinya diberikan kelancaran dalam persalinan, serta kelak si anak menjadi pribadi yang baik dan berbakti.

Mitoni memiliki serangkaian tahapan yang memiliki makna tersendri. Pertama, adalah siraman yang dilakukan sebagai proses penyician diri secara lahir dan batin calon ibu dan calon bayi. Prosesi siraman biasanya dilakukan oleh tujuh orang yang dituakan atau dihormati di keluarga.

Baca Juga :   Tradisi Puasa Weton bagi Masyarakat Kejawen

Kemudian, adapula prosesi brojolan, yakni saat calon ayah meluncurkan dua kelapa muda (cengkir) dari balik kain yang dipakai oleh calon ibu. Cengkir tersebut sebelumnya telah dilukis dengan gambar Dewi Kamaratih dan Dewa Kamajaya yang melambangkan bayi jelita dan bayi rupawan. Kemudian, cengkir tersebut dibelah, sebagai simbol membuka jalan bagi bayi yang akan lahir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati