Berikut Tips Menjaga Kebersihan Sikat Gigi

Mitrapost.com – Menyikat gigi secara rutin memang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi. Namun, sering kali orang-orang melupakan untuk menjaga kesehatan sikat gigi. Padahal, kondisi sikat gigi juga dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut.

Mungkin Anda tidak menyadari adanya bakteri yang menempel pada sikat gigi setelah menggosok gigi. Jika tidak dibersihkan dan disimpan dengan baik, bakteri tersebut dapat berpindah ke dalam mulut yang dapat menyebabkan penyakit.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tips menjaga kebersihan sikat gigi.

Cuci sikat gigi

Untuk membersihkan sikat gigi, cuci dengan air yang mengalir sambil menggosok lembut sikat dengan jari untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang tertinggal. Selain itu, Anda juga dapat mencucinya dengan air panas, karena suhu tinggi dapat efektif membunuh kuman-kuman.

Baca Juga :   3 Gejala Penyakit Kusta. Wajib Waspada !

Keringkan setelah dipakai

Tips pertama adalah dengan meletakkan sikat gigi di udara terbuka selama beberapa menit, agar air yang tersisia mengering. Setelah kering, Anda baru bisa menutupnya dengan penutup sikat gigi. Hal ini dilakukan agar tidak menyebabkan kerak atau jamur di sekitar sikat.

Simpan di tempat yang bersih

Hindari menyimpan sikat gigi di kamar mandi atau di dalam tempat lembab lainnya. Agar tidak menimbulkan jamur, simpan di area yang cukup kering seperti di dalam gelas, kemudian letakkan di luar kamar mandi.

Ganti sikat gigi secara rutin rutin

Hindari penggunaan satu sikat gigi dalam jangka waktu yang lama karena tidak higienis lagi. Oleh sebab itu, ganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali. Selain itu, hindari menggunakan sikat gigi secara bergantian dengan orang lain karena dapat menyebabkan perpindahan bakteri.