7 Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

Mitrapost.com – Kacang hijau adalah salah satu sumber protein nabati yang baik bagi tubuh. Kacang hijau kayang akan asam amino esensial, antioksidan dan berbagai nutrisi lain yang bermanfaat mengurangi tekanan darah, kadar kolestrol jahat, serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Jenis kacang ini serbaguna dan dapat diolah menjadi berbagai kudapan, seperti isian roti, tumisan, hingga dessert tradisional seperti bubur kacang hijau. Dilansir dari Medical News Today, berikut beberapa manfaat konsumsi makanan berbahan kacang hijau.

Mengurangi risiko penyakit kronis

Kacang hijau mengandung banyak antioksidan sehat, termasuk asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat dan banyak lagi. Antioksidan membantu memperbaiki sel-sel rusak akibat radikal bebas. Kerusakan ini terkait dengan peradangan kronis, penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya.

Baca Juga :   Petani Pati Lebih Memilih Tanam Kacang Hijau saat Kemarau, Ini Alasannya

Mencegah demam

Selain sifat antioksidan, kacang hijau juga memiliki anti-inflamasi yang dapat melindungi dari serangan panas, suhu tubuh tinggi, demam, dehidrasi dan sebagainya.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Penyakit kolestrol disebabkan oleh kelebihan kadar LDL (kolestrol jahat), yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa kacang hijau mungkin berkhasiat untuk menurunkan kadar kolestrol jahat karena memiliki sifat antioksidan yang tinggi.

Menurunkan tekanan darah

Kacang hijau mengandung potasium, magnesium, dan serat dalam jumlah cukup. Penelitian menunjukkan bahwa masing-masing nutrisi tersebut dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi secara signifikan.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kacang hijau mengandung nutrisi yang yang baik untuk pencernaan, seperti serat. Serat dapat membantu menjaga buang air besar tetap teratur dengan mempercepat pergerakan makanan melalui usus. Selain itu, kacang hijau mengandung pati resisten yang membantu memberi nutrisi pada bakteri usus yang sehat.

Baca Juga :   Video : Produksi Panen Turun, Harga Kacang Hijau Naik

Menurunkan kadar gula darah

Kacang hijau memiliki beberapa khasiat yang membantu menjaga kadar gula darah tetap rendah karena tinggi serat dan protein. Kedua senyawa itu dapat memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah.

Meningkatkan rasa kenyang

Kacang hijau juga dapat bermanfaat menahan nafsu makan karena dapat meningkatkan rasa kenyang. Jenis kacang ini mengandung protein yang dapat menekan hormon rasa lapar, seperti ghrelin. Dengan demikian hal ini dapat mengurangi asupan kalori, sehingga membantu menurunkan berat badan.