Berikut Beberapa Jenis Minyak Esensial yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Mitrapost.com – Minyak esensial bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan suasana hati. Minyak ini berasal dari bahan-bahan alami, seperti ekstrak dari tanaman-tanaman herbal. Minyak esensial ini diaplikasikan dengan mengoleskannya di kulit, untuk memberikan manfaat sebagai berikut;

  • Meningkatkan suasana hati.
  • Pengurangan stres dan peningkatan fokus.
  • Tingkatkan kualitas tidur.
  • Membunuh bakteri, jamur dan virus.
  • Mengurangi kecemasan dan rasa sakit.
  • Mengurangi peradangan.
  • Mengurangi rasa mual.
  • Meringankan sakit kepala.

Dilansir dari Claveland Clinic, berikut beberapa minyak esensial yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Minyak lavender

Lavender membantu mengatasi stres, nyeri dan kesulitan tidur. Sebelum ditemukannya antiseptik, tanaman ini sering digunakan sebagai bahan pembersih di rumah sakit. Aroma ini sering ditemukan pada semprotan ruangan maupun parfum untuk tubuh.

Baca Juga :   Manfaat Minyak Esensial, Redakan Stress Hingga Migrain

Tea tree oil

Tanaman ini mengandung antiseptik dan anti-mikroba yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati jerawat.

Minyak peppermint

Jenis minyak ini mengandung anti-inflamasi, anti-jamur dan anti-mikroba yang dapat meringankan sakit kepala, mencegah kelelahan, mengangkat suasana hati hingga meningkatkan daya ingat.

Minyak kayu putih

Eucalyptus adalah minyak esensial yang bermanfaat untuk meredakan flu dan hidung tersumbat sehingga Anda bisa bernapas lebih mudah. Minyak ini juga efektif melawan virus, seperti herpes karena sifat anti-mikroba dan anti-inflamasinya.

Minyak lemon

Minyak lemon diketahui dapat mengurangi kecemasan dan depresi, meredakan mual, membunuh bakteri hingga meningkatkan fungsi kognitif penderita penyakit Alzheimer.

Minyak rosemary

Minyak rosemary memiliki beberapa manfaat seperti meningkatkan fungsi otak, meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi rasa sakit dan stres, meningkatkan mood, dan mengurangi peradangan sendi. Minyak rosemary aman digunakan sebagai aromaterapi maupun dioleskan pada kulit.