Gerakan Workout yang Aman Dilakukan oleh Lansia di Rumah

Mitrapost.com – Olahraga tak hanya dibutuhkan oleh dewasa saja, namun juga lansia. Keterbatasan gerak karena fungsi tubuh membuat para lansia tidak bisa melakukan aktivitas fisik secara optimal.  Namun, pada dasarnya olahraga-olahraga tertentu juga dapat dilakukan dengan mudah di rumah dan dalam satu posisi saja.

Stephanie Thomas, seorang pelatih kebugaran membagikan beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh para lansia untuk menjaga kebugaran tubuh. Latihan ini dilakukan dengan posisi berdiri yang baik untuk mengencangkan seluruh tubuh, terutama bagian inti dan membantu meningkaykan lapisan otot dan membakar lemak.

Dilansir dari Eat This Not That, berikut beberapa contoh latihan tubuh yang dapat dilakukan oleh lansia diatas 50 tahun.

Baca Juga :   Lakukan Workout di Rumah dengan Gerakan-gerakan Berikut!

High knees

Olahraga yang direkomendasikan adalah high knees. Latihan ini dapat dilakukan dengan berdisi tegak, kemudian mengangkat lutut kiri, hingga paha sejajar dengan perut. Kemudian, ganti kaki dengan mengangkat lutut kanan sejajar dengan perut. Lakukan tiga set repetisi selama 30 hingga 60 detik.

Standing side crunch

Latihan ini dimulai dengan berdiri dengan kaki selebar pinggul. Setelah itu, tangan diletakkan di belakang kepala dengan siku ditekuk. Gerakan tubuh dengan menekuk ke samping kanan hingga siku berjarak beberapa inci dari tulang rusuk. Saat kembali ke posisi awal, ulangi dengan gerakan pada sisi kiri tubuh. Lakukan sebanyak tiga set dengan 12 repetisi.

Dumbell side bends

Pegang dumbbell ringan di tangan kanan. Kemudian tekuk pinggang ke samping sambil menurunkan beban hingga lutut kanan Anda. Saat kembali ke posisi awal, lakukan pengulangan pada sisi tubuh bagian kiri. Lakukan tiga set dengan 10 repetisi untuk setiap sisi.

Baca Juga :   Lakukan Workout di Rumah dengan Gerakan-gerakan Berikut!

Jumping jack

Mulai dengan kedua kaki rapat dan lengan di samping tubuh. Kemudian, lompat melebar sambil mengangkat tangan ke atas. Setelah itu, lompatkan kaki kembali ke posisi awal sambil menurunkan lengan. Lakukan empat set dengan 25 repetisi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati