Tips Memilih Kacamata Anti-Radiasi yang Tepat

Mitrapost.com – Bekerja di depan komputer selama berjam-jam dalam sehari dapat memicu ketegangan mata, yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan. Oleh sebab itu, penggunaan kacamata anti-radiasi menjadi penting untuk melindungi mata dari efek buruk radiasi layar komputer dan cahaya biru.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut tips memilih kacamata radiasi

Pilih yang dapat melindungi sinar UV

Tips pertama, pilihlah kacamata yang mampu menghalau 99-100% sinar UV untuk melindungi mata dari radiasi UV. Gunakan kacamata yang menghambat sinar dengan panjang gelombang 400nm atau 100% UV cut saat berada di luar ruangan.

Pilih lensa yang benar

Gunakan kacamata dengan lensa polarized yang memiliki lapisan khusus untuk membatasi jumlah cahaya yang masuk. Lensa ini juga dapat membantu mengurangi efek silau pada mata. Lensa anti-radiasi umumnya terbuat dari lapisan logam yang mampu menahan sinar biru dari kedua sisi. Selain itu, lapisan lensa kacamata anti radiasi juga tersusun dari tiga lapisan, yakni anti silau, lapisan keras, dan logam anti air.

Perhatikan warna lensa

Warna lensa kacamata anti-radiasi biasanya berubah menjadi hitam atau abu-abu jika berada di dalam ruangan. Hal itu karena kacamata menggunakan lensa anti-radiasi photocromatic. Selain itu, lensa anti blue-light biasanya akan terlihat sedikit lebih kuning dari kacamata lainnya.

Pilih yang anti reflektif

Lensa anti reflektif menghalau cahaya biru dari gadget. Dengan mengenakannya, mata tidak akan mudah lelah dan dapat meminimalisir sakit kepala akibat cahaya biru karena menggunakan gadget dalam waktu yang lama.

Cari kacamata yang cocok bentuk wajah

Ketepatan pemilihan kacamata dapat memberikan perlindungan ekstra pada mata Anda. Direkomendasikan untuk memilih kacamata yang pas di hidung, dengan lengkungan yang pas di sekitar telinga Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati