Mitos Tentang Lembu Suro, Makhluk Mistis Berkepala Sapi

Mitrapost.com – Selain mitos-mitos berupa tradisi, hari baik, dan pantangan, kepercayaan akan keberadaan makhluk-makhluk mistis turut melingkupi tanah Jawa. Salah satu makhluk mistis yang dikenal adalah Lembu Suro atau Sapi Suro.

Pada mitos yang diceritakan secara turun-temurun, Lembu Suro digambarkan sebagai seekor sapi hitam besar yang memiliki kekuatan supranatural yang kuat. Makhluk ini juga dipercayai sebagai jelmaan roh jahat yang sering muncul di malam hari. Biasanya, Lembu Suro melewati tengah malam di daerah desa-desa terpencil.

Lembu Suro sebagai legenda di masyarakat Jawa

Lembu Suro juga dikaitan dengan sosok sakti yang dapat mendatangkan bencana dahsyat, dalam babad Jawa. Menurut mitos, sosok ini adalah seorang manusia berkepala lembu yang dikhianati cintanya oleh Dewi Kilisuci, yakni putri jenggolo Manik yang cantik seperti bidadari.

Baca Juga :   Mitos-mitos yang Masih Dipercaya Masyarakat Jawa

Kagum dengan kecantikannya tersebut, membuat Lembu Suro dan Mahesa Suro meminangnya. Namun, sang putri membuat sebuah sayembara untuk membuat sumur di atas Gunung Kelud dalam semalam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati