Sering Dijadikan Lalapan, Berikut Beberapa Manfaat Kemangi

Mitrapost.com – Kemangi merupakan tanaman yang masih dalam keluarga mint. Fungsinya biasanya untuk menambah rasa pada makanan maupun bisa dimakan langsung sebagai lalapan. Lewat nutrisi di dalamnya, seperti vitamin, mineral, dan berbagai antioksidan bermanfaat mengurangi stres oksidatif dan mendukung kesehatan jantung.

Dilansir dari Medical News Today, berikut beberapa manfaat konsumsi daun kemangi.

Mengurangi radikal bebas

Daun kemangi memberikan manfaat kesehatan sebagai obat herbal maupun minyak esensial. Tanaman ini menyediakan beberapa makronutrien, seperti kalsium dan vitamin K, serta berbagai antioksidan.

Antioksidan adalah senyawa yang membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Penumpukan radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel yang kemudian berdampak pada beberapa penyakit kronis, termasuk kanker.

Para peneliti menyimpulkan bahwa fitokimia dalam kemangi dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru.

Mengurangi kerutan

Menurut penelitian tahun 2011, kemangi memiliki khasiat melindungi kulit dari penuaan. Ekstrak kemangi yang diaplikasikan pada beberapa produk perawatan dapat meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi kerutan.

Mengontrol gula darah

Praktisi pengobatan tradisional umumnya merekomendasikan konsumsi kemangi untuk membantu mengatur kadar gula darah. Ekstrak kemangi terbukti bermanfaat bagi penderita diabetes. Menurut penelitian, tanaman ini dapat mengatasi efek jangka panjang dari gula darah tinggi.

Mendukung kesehatan jantung

Kandungan eugenol dalam ekstrak kemangi dapat memblokir saluran kalsium dalam tubuh sehingga menurunkan tekanan darah tinggi. Sementara itu, tekanan darah tinggi menjadi faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Mengurangi peradangan

Stres oksidatif dapat menyebabkan peradangan dan merupakan faktor penyebab berbagai penyakit, termasuk kanker, diabetes tipe 2, dan rheumatoid arthritis. Menurut penelitian, minyak kemangi dapat membantu mengobati berbagai penyakit yang melibatkan peradangan akibat stres oksidatif. Namun, hasil ini masih belum jelas apakah mengonsumsi kemangi dapat memberikan efek yang sama. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati