Berikut Tips Aman Olahraga Saat Menstruasi

Mitrapost.com – Menstruasi merupakan siklus bulanan yang akan terjadi pada wanita, jika sel telur tidak dibuahi. Bagi beberapa orang, haid mungkin memberikan efek tidak nyaman pada bagian tertentu, seperti pinggul, lemas, mudah lelah hingga pusing saat awal periode.

Namun, siapa sangka rajin berolahraga saat menstruasi dapat memengaruhi kondisi tubuh orang. Aktivitas fisik yang rutin mampu mengurangi beberapa gejala yang dialami saat haid, meningkatkan mood, mengurangi kram dan lelah.

Agar Anda tetap aman berolahraga saat periode haid, berikut tips yang bisa dilakukan menurut laman Medical News Today.

Gabungkan peregangan dan yoga

Anda dapat menggabungkan peregangan dengan gerakan yoga yang dapat mengurangi tegang dan stres, serta meningkatkan aliran darah yang mana baik bagi orang yang sedang menstruasi. Penelitian tahun 2016 menunjukkan bahwa orang yang mengikuti kelas yoga mengalami lebih sedikit gejala PMS dan nyeri haid.

Baca Juga :   Berbagai Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Tetap terhidrasi

Minum air putih dapat mengurangi nyeri haid. Penelitian tahun 2021 menemukan bahwa mereka yang minum lebih banyak air mengalami nyeri haid yang lebih ringan selama tiga hari pertama menstruasi mereka.

Kompres dingin atau hangat

Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan, coba untuk mengompres dingin dengan es yang dilapisi kain setelah melakukan olahraga. Anda juga bisa mengompres dengan handuk yang dibasahi air hangat untuk mengurangi nyeri.

Hindari olahraga berlebihan

Menurut OWH, tidak ada batasan tentang olahraga apa yang dilakukan orang saat sedang menstruasi. Kendati demikian, pertimbangkan gerakan-gerakan yang aman dan sesuai kemampuan Anda. Berlebihan dalam berolahraga mungkin membuat periode Anda terlambat atau tidak teratur karena perubahan hormonal dalam tubuh.