5 Titik Pijat untuk Redakan Sakit Kepala

Mitrapost.com – Sakit kepala sering kali memberikan ketidaknyamanan, hingga dapat mengganggu aktivitas harian. Biasanya, orang akan meminum obat untuk meredakannya, namun jika Anda menyukai pengobatan alternatif, pijat bisa menjadi pilihannya.

Dalam pijat, terdapat titik-titik tertentu yang dipercayai dapat meredakan sakit kepala. Titik-titik ini ada di sekitar leher, kepala, bahu dan tangan. Titik-titik ini memiliki sensitivitas, sehingga mampu merangsang rileksasi pada tubuh. Dengan memijat titik tekanan ini diyakini dapat meningkatkan kesehatan, meringankan rasa sakit, serta mengembalikan keseimbangan dalam tubuh.

Dilansir dari Healthline, berikut titik-titik pijat yang dapat meredakan sakit kepala.

Antara ibu jari dan jari telunjuk

Titik pijat antara ibu jari dan jari telunjuk ini disebut dengan union valley. Untuk mengobati sakit kepala, mulailah menekan area tersebut selama 10 detik. Selanjutnya, buat pijatan memutar satu arah selama 10 detik. Proses ini dipercaya dapat meredakan ketegangan pada kepala dan leher.

Baca Juga :   Trik Mudah Atasi Sakit Kepala di Rumah

Dua titik di antara dua alis, area batang hidung

Titik ini disebut dengan drilling bamboo. Gunakan dua jari telunjuk Anda untuk menekan dengan kuat pada kedua titik di antara alis sekaligus. Tahan selama 10 detik, kemudian ulangi lagi. Menekan titik-titik ini dapat meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh kelelahan mata dan tekanan pada sinus.

Dua titik di leher bagian belakang

Dua titik ini disebut dengan The gates of consciousness. Tempatkan jari telunjuk dan jari tengah pada area tersebut, kemudian tekan kuat ke atas secara bersama-sama selama 10 detik. Tekanan pada titik ini dapat membantu meredakan sakit kepala akibat ketegangan pada leher.

Baca Juga :   Daun Mint, Bisa Redakan Sakit Kepala Hingga PMS

Satu titik antara dua alis

Titik the third eye ini menjadi tempat pertemuan pangkal hidung dengan dahi. Gunakan jari telunjuk untuk menekannya selama 1 menit untuk meredakan ketegangan mata dan tekanan sinus penyebab sakit kepala.

Dua titik pada tepian bahu

The shoulder well ada di tengah-tengah antara titik bahu dan pangkal leher. Gunakan ibu jari untuk menekan membentuk lingkaran searah pada kedua titik selama satu menit. Kemudian ulangi lagi ke arah yang berlawanan.