oleh

Trik Mudah Atasi Sakit Kepala di Rumah

Pandawa BPJS JKN PATI

Mitrapost.com – Gejala sakit kepala seringkali dirasakan oleh banyak orang. Meski terkesan sepele, sakit kepala dapat mengganggu aktivitas.

Berikut ini cara sederhana untuk menghilangkan sakit kepala ketika di rumah aja.

Bpkad Pati

  1. Gunakan kompres dingin atau panas

Suhu dingin menghasilkan efek mati rasa yang dapat mengurangi rasa sakir. Selain itu, suhu dingin juga dari kompres dingin juga bisa menyempitkan pembuluh darah dan membantu meredakan migrain.

Sedangkan kompres panas atau hangat lebih cocok digunakan sebagai obat sakit kepala alami jenis ketegangan. Sakit kepala karena stres atau otot leher dan bahu kaku ini biasanya ditandai dengan nyeri tumpul, sakit, dan rasa tak nyaman di dahi.

  1. Minyak atsiri

Dilansir dari Healthline, minyak atsiri atau minyak esensial lavender dan peppermint bisa membantu menghilangkan sakit kepala jenis ketegangan.

Baca Juga :   Rasakan Beragam Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki

Cara menggunakan minyak esensial sebagai obat sakit kepala alami cukup mudah. Minyak lavender atau peppermint yang sudah diencerkan tinggal dioleskan ke bagian pelipis.

  1. Kopi atau teh

Bagi orang yang tidak sensitif kafein, minum minuman berkafein seperti kopi atau teh juga dapat membantu mengatasi sakit kepala ringan. Kafein dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi gejala sakit kepala.

Tapi minum kopi atau teh tidak dianjurkan bagi orang yang sedang mengalami sakit kepala karena gejala penarikan kafein saat diet minum kopi atau teh.

  1. Akupuntur

Akupuntur adalah teknik pengobatan tradisional Tiongkok yang memanfaatkan jarum kecil untuk merangsang titik tertentu di tubuh.

Sejumlah penelitian membuktikan akupuntur bisa membantu menghilangkan sakit kepala. Tapi, terapi dengan obat sakit kepala alami ini baiknya dilakukan terapis berpengalaman.

  1. Jahe

Jahe juga potensial digunakan sebagai obat sakit kepala alami karena mengandung senyawa bermanfaat seperti antioksidan dan antiperadangan. Selain menghilangkan sakit kepala, jahe juga dapat membantu mengurangi mual dan muntah yang biasanya menyertai sakit kepala parah.

  1. Pijat

Pijat di sejumlah bagian tubuh bisa membantu mengatasi sakit kepala, terutama jenis ketegangan. Bagian tubuh yang dipijat atau diurut saat sakit kepala kambuh biasanya bagian belakang leher, mencubit bagian atas hidung, area di antara alis, pelipis, sampai ke rahang. Memijat leher di dekat pangkal tengkorak juga dapat membantu meredakan ketegangan.

  1. Relaksasi

Relaksasi juga dapat digunakan sebagai obat sakit kepala alami, terutama jenis sakit kepala klaster. Anda bisa memilih opsi relaksasi yang banyak memanfaatkan latihan pernapasan dalam seperti beryoga atau meditasi.

Baca Juga :   Nol Nutrisi, Berikut Ini Alasan Perlu Menghindari Soda

Salah satu caranya dengan mengambil napas panjang dan perlahan lalu hitung sampai lima, kemudian baru lepaskan pelan-pelan. Ulangi sampai beberapa kali hingga sakit kepala mereda.

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait