Kurangi Konsumsi Gula dengan Tips Berikut Ini!

Mitrapost.com – Makanan dan minuman berpemanis seperti permen, camilan kemasan, kue kering, fastfood, minuman kaleng, hingga susu berasa merupakan jenis asupan yang banyak disukai. Namun, makanan dan minuman jenis ini tidak memiliki nutrisi yang cukup, namun mampu memberikan lonjakan gula darah.

Selain itu, makanan dan minuman gula tambahan sering kali membuat kecanduan. Hal ini disebabkan karena saat mengonsumsi gula, senyawa serotonin dan dopamine dilepaskan. Senyawa tersebut merupakan neurotransmitter yang berperan dalam brain reward system sehingga suasana hati menjadi bahagia.

Kecanduan membuat orang mengonsumsi gula tambahan lebih banyak, bahkan berlebihan. Ini akan meningkatkan risiko kesehatan, seperti diabetes tipe II.

Dilansir dari Healthline, berikut beberapa cara mengurangi kecanduan gula.

Baca Juga :   Tips Membersihkan Masker Kain yang Tepat

Jika lapar, makan yang mengenyangkan

Saat Anda lapar, segera segera konsumsi makanan sehat, terutama yang banyak mengandung protein, seperti daging, ikan, dan telur. Selain itu, buah dan sayuran juga mengandung serat yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Merasa kenyang membuat Anda berhenti mendambakan makanan manis dengan gula berlebih.

Mandi air hangat

Beberapa orang yang mengidam makanan manis menemukan bahwa mandi air hangat atau berendam bisa meredakannya. Suhu panas disebut dapat menghentikan nafsu makan. Oleh sebab itu, berendamlah dengan air hangat selama 5 hingga 10 menit.

Pergi lah keluar

Pergi keluar untuk jalan-jalan atau jogging dapat mengalihkan perhatian dari keinginan makan. Selain itu, olahraga ini akan melepaskan endorfin, atau bahan kimia yang membuat Anda merasa nyaman. Senyawa ini dapat membantu Anda mematikan keinginan makan yang manis-manis.

Baca Juga :   Berikut Tips Menyimpan Roti Agar Lebih Tahan Lama

Minum air

Beberapa orang mengatakan bahwa dehidrasi bisa menyebabkan ngidam. Oleh sebab itu, untuk mencukupi cairan dalam tubuh Anda, minumlah lebih banyak air. Cairan tersebut tak hanya didapat dari air mineral, namun juga buah-buahan seperti semangka dan beri memiliki kandungan air tinggi.

Tidur nyenyak

Tidur yang cukup pada menyegarkan pikiran dan memulihkan energi. Secara keseluruhan, tidur dapat membantu mengurangi stres yang dapat menyebabkan meningkatnya nafsu makan. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati