Kualitas Produk Pengaruhi Harga Garam di Level Petambak Pati

Pati, Mitrapost.com –  Kualitas produk sangat mempengaruhi harga garam di level petani garam yang ada di Kabupaten Pati.

Faktanya, harga garam di petani  juga tergantung dari panasnya musim kemarau yang terlalu ekstrem. Sehingga hal ini menandakan pada stok produksi garam di wilayah Kabupaten Pati yang melimpah.

Ari Wobowo, Pembina Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati mengatakan bahwasannya harga garam dilevel petambak tahun 2023 mengalami penurunan. Yakni berkisar Rp930 hingga Rp 1.000 per kilogram.

Jika dibandingkan dengan harga di tahun 2022 merangkak naik mencapai hingga Rp Rp 5.000 per kilogram. Lantaran produksi garam tidak mencapai target.

Baca Juga :   Walaupun Produksi Garam Menurun, Dewan Pati Menentang Pemerintah Impor Garam

“Harga garam sangat mempengaruhi masa-masa musim kemarau. Tapi juga tergantung kualitas garamnya juga. Jadi harga produk itu tergantung dengan jumlah ya. Kalau jumlah produknya banyak, maka harga akan semakin murah. Harga ditahun 2022 kemaren itu memang harganya sangat tinggi banget diangka Rp 5.000, ada yang Rp 4.900. Dan sekarang sudah mulai turun, antara Rp 930 sampai Rp 1.000,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati