Jaga Kelestarian Hutan Jadi Langkah Mencegah Kekeringan dan Banjir di Pati

Pati, Mitrapost.com – Menjaga kelestarian hutan menjadi salah satu langkah utama untuk mencegah bencana kekeringan dan banjir yang kerap terjadi setiap tahun di Kabupaten Pati.

Pasalnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pernah memprediksi bahwasanya puncak musim kemarau yakni terjadi pada bulan Agustus hingga September 2023. Sedangkan dibulan Oktober 2023 sampai April 2024 menjadi musim penghujan.

Faktanya, dibulan Oktober 2023 masih menginjak di musim kemarau. Bahkan musim kemarau saat ini lebih ekstrem dibanding dengan bulan-bulan sebelumnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Martinus Budi Prasetya selalu mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada terhadap bencana yang sering terjadi di Pati. Dan dua diantaranya yakni kekeringan dan banjir.

Baca Juga :   Ribuan Hektare Lahan Terbakar di Riau pada Tahun 2021

“Saya mengimbau kepada semua pihak OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Instansi Vertikal, dan semua pihak terkait untuk mengambalikan hutan lindung dan menjaga kelestarian hutan kita. Apalagi mengingat bahwa banjir dan kekeringan itu selalu ada disetiap tahun. Salah satu penyebab yang tidak dipungkiri adalah kerusakan hutan,” kata Martinus kepada Mitrapost.com, Rabu (18/10/2023).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati