Kecamatan Batangan Duduki Urutan Pertama Penghasil Garam Terbanyak di Pati

Pati, Mitrapost.com – Kecamatan Batangan pada tahun 2023 menduduki posisi urutan pertama penghasil garam terbanyak di level petambak dari seluruh wilayah Kabupaten Pati.

Pasalnya mayoritas masyarakat Kecamatan Batangan bermata pencaharian sebagai petambak garam. Mengingat wilayah tempat tinggal masyarakatnya selama ini berada dekat di pesisir laut.

Perlu dikonfirmasi, Kecamatan Batangan memiliki 7 desa penghasil garam terbanyak. Meliputi Desa Pecangaan, Mangunlegi, Lengkong, Jembangan, Bumimulyo, Ketitang Wetan, dan Raci.

Hal ini disampaikan oleh Pembina Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan DKP Kabupaten Pati, Ari wibowo. Ia mengatakan, setidaknya terdapat 4 kecamatan di Kabupaten Pati yang layak dijadikan tambak garam. Terlebih dari 4 kecamatan ini masing-masing terdapat desa dengan penghasil garam yang berbeda berdasarkan kalkulasi data perbulan.

Baca Juga :   Jelang Musim Produksi, Harga Garam Rembang Turun

Meskipun begitu, 3 kecamatan selain Batangan diklaim belum bisa menghasilkan garam semaksimal mungkin. Lantaran harus sesuai dengan kondisi tanah dan faktor cuaca.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati