Tips Agar Warna Pakaian Tidak Mudah Pudar

Mitrapost.com – Salah satu masalah yang sering dialami saat mencuci pakaian dengan mesin cuci adalah memudarnya warna baju akibat deterjen, gesekan, air dan proses pengeringan. Sementara itu, menguceknya dengan tangan tidak selalu praktis.

Ternyata, ada beberapa cara ampuh untuk mengurangi pudarnya warna pakaian akibat pencucian dengan mesin. Tips berikut ini bisa diaplikasikan saat mencuci agar warna pakaian tahan lebih lama dan tidak kusam.

Dilansir dari The Spruce, berikut sejumlah tipsnya!

Cuci warna gelap bersama

Tips pertama adalah menyortir pakaian berdasarkan warnanya. Lebih baik mencuci pakaian warna gelap dan warna terang secara terpisah. Warna-warna seperti hitam, cokelat tua, biru dongker sebaiknya tidak dicuci bersamaan dengan warna putih, kucing atau hijau muda. Pemisahan ini dapat mencegah luntur yang merusak warnanya.

Baca Juga :   22 Cara Alami Agar Lebih Tampak Awet Muda

Membalik pakaian saat dicuci dan dikeringkan

Tips lainnya dalah membalik bagian dalam pakaian sebelum dicuci dan dikeringkan. Ini dilakukan adar bagian luar pakaian tidak banyak bersentuhan dengan deterjen dan bergesekan dengan pakaian lainnya. Ini akan mencegah warna baju pudar atau kusam. Selain itu, perlu juga membalik pakaian saat menjemur baju di luar, karena sinar matahari dapat menghilangkan warna pakaian Anda.

Jangan mencuci melebihi kapasitas

Banyak mencuci pakaian dalam satu waktu dapat membuat mesin bekerja lebih keras dan menimbulkan gesekan-gesekan lebih banyak pada pakaian-pakaian Anda. Deterjen dan air bilasan juga tidak terdistribusi dengan baik, sehingga kurang bersih.

Cuci dengan air bersuhu normal

Deterjen berfungsi baik pada air bersuhu normal. Jika Anda ingin merendam pakaian ke dalam air panas untuk membunuh kuman dan bakteri, pastikan menunggunya sampai suhunya turun dan gunakan air bersuhu normal untuk mencuci dan membilas.

Baca Juga :   5 Tips Ampuh untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Jangan keringkan langsung di bawah matahari

Saat dikeringkan dengan mesin cuci, usahakan agar baju setengah kering. Kemudian, Anda bisa mengeringkannya kembali di luar. Namun, pastikan Anda tidak langsung menjemur di bawah matahari karena akan membuat warnanya memudar. Lebih baik angin-anginkan saja pakaian sampai kering.

Gunakan deterjen berbahan lembut

Salah satu faktor yang dapat membuat warna pakaian pudar adalah penggunaan deterjen yang berbahan keras. Oleh sebab itu, ganti merek deterjen dengan bahan pelembut agar warna tidak mudah pudar dan kehilangan warna. (*)