Baik untuk Kulit, Berikut Manfaat Kompres Es Batu di Wajah

Mitrapost.com – Es batu merupakan salah satu bahan yang banyak ditemukan di setiap rumah. Ini sekaligus menjadi bahan paling sederhana dan murah untuk digunakan ke dalam tahapan perawatan kulit agar mendapatkan wajah yang bersih dan bersinar.

Es batu disebut dapat membantu Anda mengurangi peradangan pada jerawat, hingga menyejukkan kulit setelah terpapar sinar UV. Penasaran dengan manfaat lainnya? Berikut kami rangkum berdasarkan laman Pharmeasy.

Menyembuhkan dan mencegah jerawat

Salah satu khasiat terbaik es batu adalah sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi dan menyembuhkan jerawat. Ini akan menenangkan kulit yang meradang, mengecilkan pori-pori, serta mengurangi produksi sebum/minyak berlebih penyebab jerawat.

Kulit lebih bercahaya

Menggunakan es pada wajah meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan tingkat oksigen dan memasok nutrisi penting ke kulit wajah sehingga bermanfaat mencerahkan kulit. Aplikasi es batu juga meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit karena memu gkinkan kandungan menembus lapisan kulit yang lebih dalam.

Baca Juga :   Manfaat Ceramide, Senyawa Alami Kulit yang Berfungsi Sebagai Pelindung

Mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam

Es berguna mengurangi pembengkakan dan mengatasi lingkaran hitam. Namun, ini tidak memberikan hasil instan. Anda perlu mengulangi pengaplikasian ini selama beberapa waktu untuk melihat hasilnya.

Mengurangi tanda-tanda penuaan

Menggosokkan es batu secara teratur pada kulit merupakan cara yang bagus untuk mengurangi dan mencegah tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis-garis halus. Pengaplikasiannya dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengencangkan pori-pori kulit.

Mengatasi peradangan

Menggosok es batu pada area kulit yang terasa perih, gatal akibat paparan sinar matahari berlebihan, alergi, ruam, atau bahkan jerawat dapat menenangkan kulit dan mengurangi peradangan. Ini karena es batu dapat menyempitkan pembuluh darah.

Baca Juga :   Manfaat Si Merah Delima, Kaya Antioksidan Pembunuh Sel Kanker

Eksfoliasi kulit

Es batu adalah ekafoliator kulit alami yang efektif. Cukup gosok wajah dengan susu yang dibekukan secara rutin. Susu mengandung asam laktat yang membantu mengangkat semua sel kulit mati, sementara suhu dingin es dapat melembabkan kulit secara alami.

Bagaimana cara mengaplikasikannya?

Pertama yang perlu Anda perhatikan adalah kebersihannya. Oleh sebab itu, gunakan es batu yang berasal dari air bersih, bukan air kotor atau air keran. Selain itu, hindari aplikasi langsung ke kulit jika Anda memiliki kulit sensitif atau meradang karena dapat menyebabkan iritasi.