Benda-benda yang Mudah Terkontaminasi Bakteri

Mitrapost.com – Bakteri merupakah salah satu mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit. Bakteri bisa ada dimana-mana, termasuk di udara, air, tanah, bahkan benda-benda yang biasa kita sentuh dan gunakan sekali pun.

Oleh sebab itu, ahli kesehatan selalu menyarankan untuk lebih dulu mencuci tangan setelah menyentuh benda-benda yang rentan terkontaminasi bakteri sebelum makan. Bakteri bisa berpindah dari tangan ke makanan, yang pada akhirnya akan masuk dalam tubuh kita.

Ponsel

Ponsel menjadi barang yang sering Anda pegang, bahkan mungkin di kamar mandi. Ponsel juga disebut 10 kali lebih kotor daripada dudukan toilet. Oleh sebab itu, sering bersihkan ponsel Anda dari kuman dengan menggunakan pelindung layar sekali pakai atau kain mikrofiber.

Baca Juga :   Ayo Tingkatkan Kebiasaan Makan Ikan! Berikut Manfaatnya

Keyboard

Papan ketik komputer maupun laptop juga menjadi tempat yang banyak bakterinya. Ini karena keyboard sering berpindah dari tangan ke tangan. Gunakan kapas dan alkohol untuk membersihkannya. Alkohol ampuh membunuh bakteri.

Uang

Ada lebih dari 3.000 jenis bakteri di setiap uang kertas. Bakteri yang terdapat pada uang tunai berasal dari perpindahan tangan di berbagai lokasi, mulai dari rumah, kantor, bahkan pasar sekalipun. Belum lagi uang yang pernah jatuh di tanah atau disimpan di tempat lainnya. Pertimbangkan untuk melakukan metode cashless dalam setiap pembayaran.

Handuk

Meski fungsinya untuk mengeringkan dan membersihkan tubuh, nyatanya handuk yang tidak disimpan dengan baik dapat jadi tempat berkembang biak bakteri. Itu karena permukaannya yang basah dan lembap. Cuci handuk Anda secara berkala dan keringkan di bawah sinar matahari untuk membunuh bakterinya.

Baca Juga :   Lakukan Kebiasaan-kebiasaan Berikut untuk Pertahankan Energi Sepanjang Hari

Tombol lift

Kuman dan bakteri tidak bisa dihindari di tempat atau peralatan publik, termasuk di lift. Tombol lift jadi tempat berpindahnya bakteri karena banyaknya orang yang menggunakannya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati