DBHCHT Digunakan untuk Bayar Premi BPJS Kesehatan bagi Puluhan Ribu Warga Pati

Pati, Mitrapost.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati menggunakan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2023 untuk membayar premi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi puluhan ribu warga.

Catatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati menyebutkan pada tahun ini sebanyak 68 ribu lebih warga mendapat bantuan pembayaran premi BPJS Kesehatan.

Kepala Dinkes Kabupaten Pati, Aviani Tritanti Venusia mengungkapkan dana cukai yang berada di Dinkes mencapai Rp7 miliar di tahun 2023.

“Untuk pembayaran premi BPJS Kesehatan pada tahun 2023 ini dialokasikan sebesar Rp4,1 miliar,” ujar dia saat dikonfirmasi belum lama ini.

Sedangkan sisanya yang berjumlah Rp2,9 miliar, digunakan untuk pengadaan obat dan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) untuk seluruh Puskesmas di Pati.

Baca Juga :   Hingga Kini Terdapat 411 Kasus DBD yang Menyebar di Pati

Ia mengaku, Dinkes Kabupaten Pati mengalokasikan BMHP di Puskesmas pada di tahun ini melalui DBHCHT. Pasalnya, sebelumnya tidak mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati