Pemerintah Tambah Anggaran Pupuk Subsidi 2024, Mentan Bantah Ada Unsur Politis

Mitrapost.com – Pemerintah menambah anggaran untuk pupuk subsidi 2024 menjadi Rp14 triliun. Langkah tersebut dikhawatirkan memiliki unsur politis.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menegaskan bahwa tak ada unsur politis dalam pengambilan kebijakan tersebut.

“Jangan dipolitisasi pupuk. Ada yang bilang ini karena mau Pemilu. Enggak, ini karena El Nino,” jelasnya dilansir dari Bisnis.com.

Langkah itu dilakukan agar mencegah produksi pangan agar tidak merosot. Mengingat impor pangan tak mudah untuk dilakukan.

“Bayangkan kalau kita tidak bergerak cepat menambah pupuk, produksi turun tiba-tiba mau impor tapi tidak ada barangnya, apa tidak akan terjadi konflik sosial,” jelasnya.

Sebagai informasi, realisasi anggaran ketahanan pangan 2023 mencapai Rp112,7 triliun. Dari total belanja tersebut, sebesar Rp42,1 triliun digunakan untuk subsidi pupuk sebanyak 6,1 juta ton. (*)

Baca Juga :   Anggaran Berkurang, Realokasi Pupuk Bersubsidi 2021 Dinilai Wajar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati