Berikut Titik-titik Pijat untuk Redakan Stres dan Kecemasan

Mitrapost.com – Stres merupakan salah satu faktor pemicu tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tekanan darah tinggi ditandai dengan peningkatan darah sistolik berada diatas batas normal, yakni lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg. Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah terus meningkatkan tekanan.

Perlu diketahui, hipertensi merupakan penyakit yang disebut sebagai ‘silent killer’. Beragam penyakit serius bisa memengaruhi kesehatan oragan-organ tubuh, mulai dengan jantung, ginjal, hingga otak.

Untuk menurunkan tingkat stres, bisa dilakukan relaksasi dengan teknik pengobatan alternatif yang disebut Akupresur. Akupresur merupakan teknik pijat dari Tiongkok kuno, yang pemberian tekanan pada titik-titik tertentu pada tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut teknik pijat untuk menurunkan tekanan dan stres.

Baca Juga :   Kenali Risiko Penggunaan Kutek terhadap Kesehatan Tubuh

Antara dua alis

Titik ini terletak di atas kepala, yakni di antara dua alis. Tekan titik selama satu menit untuk mengurangi stres, menurunkan darah tinggi, serta meningkatkan sirkulasi darah.

Wind Pool atau leher

Titik pijat di bagian leher, di sisi tulang belakang dan di bawah tengkorak membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah, serta meredakan sakit kepala dan ketegangan leher.

Antara jempol dan telunjuk kaki

Anda bisa memberikan pijatan selama satu menit pada titik di anatara jempol dan telunjuk kaki. Selain itu, penekanan pada area tersebut bermanfaat mengurangi kecemasan, meningkatkan sirkulasi darah, serta meredakan masalah pencernaan.

Antara telunjuk dan ibu jari

Titik antara telunjuk dan ibu jari memberikan rangsangan tekanan yang membantu Anda mengurangi tekanan darah tinggi, meningkatkan kekebalan tubuh, sekaligus rileksasi.

Baca Juga :   Hindari Kebiasaan Makan Berikut, Bisa Bikin Insomnia

Pergelangan tangan

Menekan titik pergelangan tangan selama satu menit dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, hingga mengurangi kecemasan. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati