Berikut Ini Tanda-tanda Penuaan Dini pada Kulit

SMJTimes.com – Kulit cantik dan tampak muda menjadi impian semua orang. Oleh sebab itu, banyak orang melakukan serangkaian perawatan agar tetap terlihat awet muda, serta bebas dari garis dan kerutan.

Meski demikian, beberapa faktor dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Hal ini dapat dikendalikan dengan pilihan gaya hidup sehat dan perawatan kulit yang benar, meski sebagian besar tanda-tanda tersebut disebabkan oleh faktor genetik. Faktor lainnya seperti merokok, kurang tidur, paparan sinar matahari yang berlebihan, stres dan kurang berolahraga.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah tanda-tanda penuaan dini.

Garis halus dan kerutan

Garis-garis halus, keriput, dan kerutan adalah tanda-tanda penuaan yang paling jelas dan seringkali menimbulkan kekhawatiran. Kerutan ini biasanya disebabkan oleh pengurangan serat elastin dan kolagen. Kedua senyawa tersebut dapat menjaga kulit tetap kencang dan kenyal. Berkurangnya kolagen ini dapat menyebabkan kulit kendur dan muncul kerutan.

Baca Juga :   Berikut Beberapa Kandungan Pelembab Sesuai Kebutuhan Kulit

Kulit kusam

Sinar dan kelembaban bisa memudar seiring bertambahnya usia. Hal ini berdampak pada kulit kusam karena berkurangnya tingkat kelembapan pada lapisan atas kulit. Kulit yang lebih muda memperbarui sendiri setiap tiga hingga empat minggu, namun kulit yang lebih tua memperbarui dirinya lebih lambat, yakni setiap empat hingga enam minggu.

Warna tidak merata

Penuaan dini menyebabkan warna kulit menjadi tidak sama pada tempat-tempat tertentu. Hal ini disebabkan oleh bagian kulit yang menyimpan lebih banyak melanin dibandingkan bagian lainnya. Ketidakmerataan warna kulit ini menyebabkan kulit terlihat lebih tua dari usianya.

Kulit kering

Kulit yang lebih muda memiliki kelembapan yang lebih tinggi, sehingga menghasilkan penampilan yang segar, lembab, dan bercahaya. Namun, seiring bertambahnya usia, kandungan pada kulit tersebut akan berkurang sehingga mengurangi kemampuannya untuk mempertahankan kelembapan kulit. Penuaan dini juga ditandai dengan dehidrasi.

Baca Juga :   Makanan-makanan Berikut Ini Bermanfaat Mencegah Kulit Kering dan Kasar

Bercak penuaan

Bintik-bintik penuaan yang berwarna kemerahan atau coklat sebagian besar disebabkan oleh paparan sinar UV yang berlebihan. Hal ini menjadi lebih jelas terlihat pada kulit yang menua. Mereka juga akan menghasilkan tampilan berjerawat.

Tekstur kulit kasar

Saat usia bertambah, kulit juga mengalami tanda semakin kasar. Kulit akan terlihat tidak rata dan bergelombang karena lapisan sel-sel mati dan pergantian sel yang melambat. Selain itu, pori-pori menjadi membesar atau lebih terlihat. (*)