Petani Terdampak Banjir Bakal Terima Bantuan Gagal Panen, Pemerintah Siapkan Rp200 Miliar

Mitrapost.com – Petani yang lahan persawahannya terdampak banjir, bakal menerima bantuan gagal panen. Pemerintah sendiri telah menyiapkan anggaran dana sebesar Rp200 miliar untuk bantuan tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

“Nanti pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui dana siap pakai akan disediakan dana Rp200 miliar lebih,” ujarnya dilansir dari Kompas.

Kabar baiknya, bantuan ini nantinya juga akan diberikan kepada petani yang mengalami gagal panen karena kekeringan dan hama.

Bantuan akan diberikan melalui PT Jasindo atas rekomendasi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

“Preminya 10 juta per hektar yang diusulkan oleh pak menteri dalam pertemuan, nanti tentu saja akan kita bahas lebih lanjut sesuai dengan kesiapan fiskal kita,” ujarnya.

Berdasarkan data BNPB, sepanjang tahun 2023 ada sebanyak 5.469 hektar sawah di 20 provinsi yang mengalami gagal panen akibat banjir dan telah diberikan bantuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati