Banjir di Brebes, Sebanyak 7 Ribu Rumah Terendam

Mitrapost.com – Banjir melanda wilayah Brebes tepatnya di Desa Kedung Tukang Kecamatan Jatibarang. Ada sekitar 7.000 rumah yang terendam banjir. Hingga Selasa (27/2/2024), banjir meluas sampai 36 desa yang tersebar di enam kecamatan.

Keenam kecamatan tersebut diantaranya adalah Kecamatan Wanasari, Bantarkawung, Larangan, Jatibarang, Songgom, Kecamatan Brebes.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengungkapkan bahwa banjir terjadi karena Sungai Pemali yang meluap.

“Tidak ada tanggul yang jebol, tapi debit airnya besar sampai meluap, sehingga menyebabkan pemukiman dan persawahan ini terendam,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa jumlah pengungsi awalnya ada 850 orang. Namun kini pengungsi yang masih ada sekitar 500-an orang.

“Sekarang jumlah pengungsi sudah mulai berkurang, seiring mulai surutnya air, sehingga masyarakat sudah banyak yang kembali dan membersihkan rumah-rumahnya,” jelasnya.

Baca Juga :   Jalan Pantura Kaligawe Masih Banjir, Stasiun Tawang Surut

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah pun telah menyalurkan bantuan dari sembako, pakaian, hingga obat. Total bantuan mencapai Rp300 juta. Kemudian Kementerian Sosial juga menyalurkan bantuan penangana banjir senilai Rp118,305 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati