Dewan Pati Harap Langkah Preventif dan Promotif Cegah Diabetes Melitus

Pati, Mitrapost.com – Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalah diabetes melitus. Pasalnya, penyakit ini disebut dengan silent killer, karena banyak orang terlambat mendeteksi hingga berakibat keterlambatan dalam penanganan.

Muntamah, selaku anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati mengambil langkah pencegahan untuk menekan kasus diabetes melitus di Pati.

Pihaknya juga berharap pemerintah lebih meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga asupan makanan maupun pola hidup sehat. Melalui organisasi perangkat daerah (OPD), masyarakat bisa diberikan sosialisasi dan edukasi mengenai bahaya diabetes dan bagaimana mencegahnya.

“Kami mendorong pemerintah itu ya program pencegahan preventif dan promotif itu lebih ditingkatkan kembali,” tutur Muntamah.

Baca Juga :   Meski Banyak OTG, Dinkes Pati Tak Lakukan Tes Swab Massal

Lebih lanjut, Dewan Pati juga mendorong peningkatan layanan kesehatan untuk penanganan dan pengobatan pasien diabetes.

Sebagai informasi, Diabetes melitus (DM) adalah suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan faktor penyebab yang beragam. Penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula darah, disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein sebagai akibat gangguan fungsi insulin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati