Doa Khatam Al-Quran, Bisa Diamalkan di Bulan Ramadan

Mitrapost.com – Bulan Ramadan menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan intensitas ibadah kita, termasuk dengan membaca dan mengkhatamkan Al-Quran. Apalagi, Al-Quran merupakan kitab umat muslim yang diturunkan pada bulan suci Ramadan kepada Nabi Muhammad SAW.

Setiap huruf Al-Quran memberikan kebaikan, sesuai dengan hadits dari Abdullah bin Mas’ud ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu (akan dibalas) dengan sepuluh (kebaikan) yang serupa dengannya. Aku tidak mengatakan (bahwa) alif lam mim satu huruf, melainkan alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR Tirmidzi)

Baca Juga :   Lafalkan Bacaan Berikut Saat Kenyataan Tidak Sesuai Harapan

Selain itu, orang yang mengkhatamkan Al-Qur’an doanya akan dijabah oleh Allah SWT. Dalam suatu hadits, Rasulullah SAW juga bersabda, “Barangsiapa telah khatam Al-Qur’an maka ia memiliki doa yang mujarab,” (HR Thabrani).

Untuk memperoleh lebih banyak pahala, seorang muslim juga dianjurkan untuk membaca doa khatam Al-Qur’an sebagai berikut.

Doa khatam Al-Quran

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ