Retno Marsudi Tegaskan Tidak Punya Hubungan Diplomatik dengan Israel

Mitrapost.com Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengaku banyak tekanan agar Indonesia melakukan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel.

Menurutnya, hubungan tersebut bisa terjadi jika Israel mengakui Palestina sebagai negara.

“Kami tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Not at all. Hubungan diplomatik kita tidak memiliki. Banyak tekanan kepada Indonesia agar Indonesia mulai melakukan normalisasi hubungan dengan Israel,” ujar Retno dalam acara ‘Sapa Indonesia Malam’ sebagaimana dilansir YouTube KompasTV, Senin (15/4/2024).

“Dan saya sampaikan kita tidak menutup diri. Tetapi ada syaratnya, (yakni) kalau two state solution (solusi dua negara) dapat terwujud, yang berarti Palestina merdeka, Palestina memiliki negara dan diakui oleh Israel, untuk berdampingan dengan Israel,” imbuhnya.

Baca Juga :   Doa untuk Palestina yang Bisa Dibaca Umat Islam

Namun jika Israel tidak mengakui Palestina sebagai negara maka, Retno menegaskan, Indonesia tidak akan memiliki hubungan diplomatik dengan wilayah yang dipimpin Benjamin Netanyahu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati