Anggota Dewan Pati Sarankan Regrouping Sekolah untuk Mengatasi Kekurangan Siswa

Pati, Mitrapost.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Muntamah menyebutkan masalah yang dialami oleh sekolah-sekolah dasar di Pati. Beberapa sekolah di Pati mengaku kekurangan siswa saat masa pendaftaran peserta didik baru.

“Saat ini memang banyak SD yang mengeluhkan input siswanya kurang,” ujar anggota komisi D DPRD Pati tersebut.

Ia melanjutkan, pihaknya memiliki saran atau opsi untuk mengatasi polemik yang terjadi di sekolah-sekolah tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan regrouping sekolah.

Regrouping sekolah merupakan penyatuan dua unit atau lebih sekolah, menjadi satu kelembagaan dan diselenggarakan dalam satu pengelolaan. Langkah ini bertujuan untuk mengatasi kekurangan tenaga guru, kekurangan siswa, serta peningkatan mutu dan efisensi biaya.

Baca Juga :   Guru Tak Masuk PNS, Ini Respons Dewan Pati

“Itu tadi solusinya regrouping,” pungkasnya.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab minimnya jumlah anak yang masuk masa sekolah, sehingga mengakibatkan lembaga pendidikan kekurangan murid. Salah satunya dikarenakan jumlah kelahiran di wilayah sekolah tersebut yang mengalami penurunan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati