Asimilasi Narapidana Butuh Sinergi Semua Pihak, Bukan Hanya Dibebankan Bapas

Semarang, Mitrapost.com Beberapa minggu yang lalu masyarakat sempat heboh dengan adanya pengeluaran narapidana berupa pemberian asimilasi oleh pemerintah karena dampak dari wabah penyakit Covid-19. Kebijakan tersebut sebenarnya sudah disadari akan memicu polemik di tengah masyarakat. Selain karena jumlahnya yang mencapai ribuan, masyarakat masih memiliki stigma terhadap napi dan merasa khawatir akan memunculkan problem baru. Terlebih di saat kondisi perekonomian yang belum stabil pasca di berlakukannya Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di berbagai daerah.

Sebenarnya yang di khawatirkan masyarakat bukan soal asimilasinya namun perilaku narapidana tersebut, jika melakukan pelanggaran atau mengulangi tindak pidana (residivis) lagi. Hal tersebut perlu di maklumi karena bagaimanapun juga masyarakat ingin adanya jaminan keamanan dan kenyaman.

Baca Juga :   Selain Edhy Prabowo, KPK Tetapkan 6 Tersangka Terlibat dalam Suap Ekspor Benur

Asimilasi merupakan bagian atau tahapan dalam pembinaan narapidana di dalam Lembaga Pemasyarakat. Hanya saja pelaksanaan asimilasi di rumah bukan berarti narapidana tersebut bebas karena sudah merasa keluar dari Lembaga Pemasyarakatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati