Warga Pati ‘Kebelet’ New Normal, Bupati Pati: Pemprov Belum Beri Lampu Hijau

Pati, Mitrapost.com Sejumlah warga Kabupaten Pati sudah tidak sabar ingin segera diterapkannya ‘new normal’ atau tatanan era kenormalan baru.

Mereka menilai tatanan era kenormalan baru dapat menggeliatkan kembali berbagai sektor yang terdampak Covid-19. Mulai dari sektor ekonomi, keagamaan hingga sektor pendidikan.

“’New normal’ sangat dibutuhkan, karena ndak mungkin kita di rumah terus berbulan-bulan. Ekonomi biar menggeliat juga. Tapi protokol kesehatan harus ketat, kuncinya di situ,” ujar Muhammad, warga Kecamatan Pati Kota kepada Mitrapost.com, Jumat (5/6/2020).

Warga Kabupaten Pati lainnya, Mawardi juga berpendapat yang sama. Ia berharap kehidupan dapat berjalan dengan normal. “Itu (kenormalan baru) bisa mengembalikan kehidupan yang normal seperti dulu. Yang penting mengikuti prosedur pemerintah,” imbuhnya.

Baca Juga :   Pati Zona Merah, Nasib KBM Tatap Muka Tak Jelas

Baca juga: Wacana New Normal, Pengunjung Dyanisa Fitness Mulai Meningkat

Kapolsek Pati, Iptu Sahlan juga berharap yang sama. Menurutnya dengan tatanan kenormalan baru kegiatan ibadah, perekonomian bisa berjalan. Terlebih di Pati, menurutnya angka kasus Covid-19 tergolong dapat dikendalikan dengan bukti tidak ada lonjakan yang signifikan.

“(Dengan ‘new normal’) kegiatan ibadah, ekonomi bisa berjakan. Apalagi wabah ini, di Pati, landai-landai, tidak signifikan. Sehingga roda perekonomian segera dijalankan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan ketat,” ujar Kapolsek yang dilantik akhir tahun lalu ini.

Namun, harapan ini sepertinya belum dapat terealisasikan dengan segera. Mengingat Pemerintah Provinsi Jawa Tengah maupun Pemerintah Kabupaten Pati belum memberikan lampu hijau untuk menetapkan era kenormalan baru.

Baca Juga :   Video: Persiapan New Normal, Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Mall di Semarang

“Kalau untuk ‘new normal’ kita masih dalam tahap persiapan-persiapan dahulu. Sebab, terkait ‘new normal’ saja kan dari Provinsi Jawa Tengah juga belum memberlakukan,” kata Bupati Kabupaten Pati, Haryanto.

Menurut Haryanto, diperlukan kesadaran masyarakat dalam menjalankan tatanan baru. Maka dari itu, pihaknya sedang mempersiapkan dan mengedukasi masyarakat agar masyarakat disiplin dalam menjalankan tatanan era baru. (*)

Baca juga: Menjelang New Normal, Disbudpar: Kami Tidak Mau Buru-Buru

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook dan instagram

Redaktur : Ulfa PS